Efektivitas Terapi ABA untuk Anak dengan Autisme

Efektivitas Terapi ABA untuk Anak dengan Autisme

1. Apa Itu Terapi ABA?

Applied Behavior Analysis (ABA) merupakan pendekatan ilmiah untuk memahami dan memodifikasi perilaku melalui prinsip penguatan positif dan pengurangan konsekuensi yang tidak adaptif.
Dalam konteks autisme, ABA digunakan untuk mengembangkan:

 

Keterampilan komunikasi (verbal/nonverbal)

Keterampilan sosial dan bermain

Perilaku adaptif (mandi, makan, berpakaian)

Regulasi emosi dan pengurangan perilaku problematik

Pendekatan ini berakar pada teori behaviorisme, di mana perilaku dipengaruhi oleh konsekuensinya.

 2. Bukti Ilmiah Efektivitas Terapi ABA

a. Studi Klasik

Penelitian monumental oleh O. Ivar Lovaas (1987) menunjukkan bahwa anak dengan autisme yang menjalani terapi ABA intensif (± 40 jam/minggu selama 2 tahun) mengalami peningkatan signifikan dalam IQ dan fungsi adaptif dibandingkan kelompok kontrol.
Lovaas (1987) PDF
Ringkasan program UCLA/Lovaas Intervention – ASAT Online

b. Analisis dan Kajian Modern

Reichow et al. (2018) – Kajian Cochrane menyimpulkan bahwa Early Intensive Behavioral Intervention (EIBI) berbasis ABA meningkatkan fungsi adaptif dan komunikasi anak < 6 tahun.
Cochrane Library

Mutschler et al. (2025) – Meta-analisis terbaru menunjukkan efek besar pada bahasa reseptif dan efek sedang pada keterampilan adaptif dan kognitif.
SpringerLink PDF

Reichow, Hume & Barton (2023) – Analisis jurnal BMC Psychiatry menunjukkan efek menengah untuk fungsi intelektual (SMD = 0,51) dan perilaku adaptif (SMD = 0,37).
BMC Psychiatry

3. Mengapa Terapi ABA Efektif?

Struktur dan pengulangan membantu anak belajar melalui rutinitas yang konsisten.

Pendekatan data-driven memastikan kemajuan dipantau objektif dan program dapat disesuaikan.

Individualisasi target menyesuaikan kemampuan unik setiap anak.

Penguatan positif meningkatkan motivasi anak.

Generalization training mengajarkan keterampilan untuk diterapkan di rumah, sekolah, dan lingkungan sosial.

4. Keterlibatan Orang Tua

Keterlibatan orang tua merupakan komponen utama keberhasilan terapi ABA.
Pendekatan Parent-Mediated Intervention membantu orang tua melanjutkan strategi terapi di rumah sehingga anak belajar secara konsisten dan general.
Lihat: Bearss et al. (2015) Effect of parent training vs parent education programs for young children with autism spectrum disorder. JAMA. doi.org/10.1001/jama.2015.3150

 

5. Kritik dan Evolusi ABA Modern

ABA modern telah berubah menjadi lebih humanistik dan berbasis motivasi alami.
Model-model turunannya meliputi:

NDBI (Naturalistic Developmental Behavioral Interventions)

ESDM (Early Start Denver Model)

PRT (Pivotal Response Training)
Lihat: Schreibman et al. (2015) NDBIs: The Convergence of Developmental and Behavioral Science for Children with Autism Spectrum Disorder. J Autism Dev Disord, 45(12), 3550–3569. SpringerLink

 

 

6. Kesimpulan

Aspek Penjelasan
Efektivitas Terbukti kuat, terutama bila dimulai sejak dini dan intensif
Tujuan Meningkatkan fungsi adaptif, komunikasi, sosial, dan kemandirian
Durasi ideal 20–40 jam/minggu selama ≥ 6–12 bulan
Keterlibatan orang tua Faktor utama keberhasilan
Pendekatan modern Mengintegrasikan bermain dan motivasi alami

 

Daftar Pustaka (APA 7th Edition)

Daftar Pustaka Lengkap dengan Link

Lovaas, O. I. (1987). Behavioral treatment and normal educational and intellectual functioning in young autistic children.
Journal of Consulting and Clinical Psychology, 55(1), 3–9.
https://earlyautismventures.in/wp-content/uploads/2018/02/lovaas-1987.pdf

Reichow, B., Barton, E. E., Boyd, B. A., & Hume, K. (2018). Early intensive behavioral intervention (EIBI) for young children with autism spectrum disorders (Cochrane Review).
Cochrane Database of Systematic Reviews, 5, CD009260.
https://www.cochrane.org/evidence/CD009260_early-intensive-behavioral-intervention-eibi-increasing-functional-behaviors-and-skills-young

Mutschler, A., et al. (2025). A Meta-Analysis of Applied Behavior Analysis-Based Interventions to Improve Communication, Adaptive, and Cognitive Skills in Children on the Autism Spectrum.
Review Journal of Autism and Developmental Disorders.
https://link.springer.com/content/pdf/10.1007/s40489-025-00506-0.pdf

Reichow, B., Hume, K., & Barton, E. E. (2023). Comprehensive ABA-based interventions in the treatment of children with autism spectrum disorder: A meta-analysis.
BMC Psychiatry, 23, Article 412.
https://bmcpsychiatry.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12888-022-04412-1

Bearss, K., Johnson, C., Smith, T., et al. (2015). Effect of parent training vs parent education programs for young children with autism spectrum disorder.
JAMA, 313(15), 1524–1533.
https://doi.org/10.1001/jama.2015.3150

Schreibman, L., Dawson, G., Stahmer, A. C., et al. (2015). Naturalistic Developmental Behavioral Interventions: The Convergence of Developmental and Behavioral Science for Children with Autism Spectrum Disorder.
Journal of Autism and Developmental Disorders, 45(12), 3550–3569.
https://link.springer.com/article/10.1007/s10803-015-2407-8

ASAT Online. (n.d.). UCLA/Lovaas Intervention. Association for Science in Autism Treatment.
https://asatonline.org/for-parents/learn-more-about-specific-treatments/applied-behavior-analysis-aba/aba-techniques/uclalovaas-intervention/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *